Thank's for visit, hope this blog can be usefully and don't forget comment us

Minggu, 29 November 2009

ELEKTRO STATISKA (listrik diam atau tidak mengalir)

Pengertian listrik

    Listrik adalah elektron yang berpindah dari tempat satu ketempat yang lain dari benda yang berpotensial tinggi menuju benda berpotensial rendah. Benda berpotensial inggi diambil dengan dasar benda tersebut mempunyai jumlah muatan positif lebih banyak (proton) disbanding jumlah muatan negatifnya (elektron)

    Jika benda bermuatan positif didekatkan benda bermuatan negative maka yang terjadi kedua benda akan tarik menarik, terjadi aliran electron dari benda bermuatan negative (-) kelebihan electron menuju benda bermuatan positif (+) yang kekurangan electron.

    Potensial suatu benda adalah besarnya energi benda tersebut yang dapat digunakan untuk memindahkan muatan listrik dari benda benda satu ke benda yang lain.

    Apabla energi yang dipakai untuk memindahkan suatu muatan besarnya dalam satuan Joule, sedangkan besar muatan yang di pindah menggunakan satuan Coulomb maka potensial benda tersebut dinamakan satuan Volt. Jadi potensial suatu benda I Volt adalah besarnya energi listrik yang dipakai oleh benda tersebut sebesar 1 Joule untuk memindahkan muatan listrik sebesar 1 Coulomb (C)

      Jika jumlah muatan dapat di pindahkan dalam tiap-tiap satuan detik maka disebut kuat arus yang biasa menggunakan satuan Ampere (A). Yang disebut kuat arus 1 Ampere adalah besarnya muatan 1 Coulomb yang dapat dipindahkan dalam waktu 1 detik dari ujung A ke ujung B suatu benda.


Sifat-sifat muatan listrik
Dua buah benda muatan listrik positif dan negative jika saling didekatkan maka kedua benda tersebut :
a.jika muatan senama akan terjadi tolak menolak. Misal positif dengan positif, atau negative dengan negative
b.jika kedua muatan berbeda jenis maka akan tarik menarik

Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak sebanding dengan :
a.berbanding lurus dengan besar kecilnya muatan yang dimiliki dua buah benda tersebut.
b.berbanding terbalik jarak kedua benda dengan kuadrat.
c.berbanding lurus konstanta muatan berada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls